tes saja

Selasa, 15 Februari 2011

HABITAT JAMUR

Jamur dapat hidup dan bersimbiosis dengan banyak organisme.Sebagian besar jamur hidup di darat,tetapi ada juga jamur yang hidup di air dan berasosiasi dengan organisme air.Jamur yang hidup di air umumnya bersifat parasit kebanyakan dari kelas Oomycetes


Semua jenis jamur umumnya tidak dapat menghasilkan makanan sendiri (heterotof).Jamur mendapatkan makanan dengan cara menyerap zat organik dari tumbuhan atau benda lain melalui hifa atau misellium,dan kemudian menyimpannya dalam bentuk glikogen




Sebagai organisme heterotof,cara hidup jamur di bedakan menjadi 3 yaitu parasit obligat,parasit fakultatif,dan saprofit
  1. Parsit obligat,berarti jamur ini hanya dapat hidup pada inangnya dan tidak dapat hidup diluar        inangnya.Contohnya,pheumonia atau khamir yang menginfeksi paru paru penderita AIDS.
  2. Parasit fakultatuf,artinya jamur akan bersifat parasit jika mendapatkan inang yg sesuai,tetapi akan bersifat saprofit jika tidak mendapatkan inang yg sesuai.
  3. bersifat saprofit,merupakan jamur pelapuk yang dapat mengubah susunan zat organik yang telah mati.Jamur ini hidup pada organisme yg sudah mati,seperti kayu tumbang yg sudah lapuk atau buah jatuh.Sebagian besar jamur saprofit menghasilkan enzim hidrolase pada subtrat makanan yang berfungsi menguraikan molekul kompleks,hifa juga dapat langsung menyerap bahan organik dalam bentuk sederhana yg di keluarkan oleh inangnya.
Selain mengambil bahan makanan dari subtratnya,jamur juga dapat melakukan simbiosis mutualismedengan menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat bagi simbionnya.

Pertumbuhan dan reproduksi jamur
Umumnya,perkembangan dibagi menjadi 2 tahap,yaitu seksual dan aseksual:

a.Tahap seksual
Reproduksijamur secara seksual atau generatif biasanya terjadi melalui kontak gametangium dan konjugasi.Kontak ini menyebabkan terjadinya singami atau menyatunya sel dari 2 individu.Singami terjadi melalui dua tahap,yaitu plasmogami dan kariogami.Tahap pertama (plasmogami) merupakan tahap  peleburan sitoplasma,sedangkan tahap kedua (kariogami)merupakan tahap peleburan inti.

Pasangan inti dalam miselium akan membelah dalam waktu yg tidak menentu,bisa beberapa bulan atau beberapa tahun.Pada akhirnya,inti sel melebur membentuk sel diploid yg akan melakukan pembelahan meiosis dan menjadi sel baru.perbanyakan jamur secara seksual ini memakan waktu yg lama,sehingga tidak efektif jika diterapkan dalam budidaya jamur secara komersial.


Jenis jenis jamur konsumsi



a.jamur kayu
Jamur kayu merupakan jamur yg media tumbuhnya berasal dari kayu,maupun serbuk gergaji.Di alam bebas,jamur kayu banyak dijumpai tumbuh di batang kayu yg telah lapuk atau di pangkal pangkal pohon.kini melalui sentuhan teknologi pertanian,jamur kayu dapat tumbuh di berbagai media yg mengandung selulosa dan lignin.seperti jerami,kapasdedak,daun pisang,atau tongkol jagung.Dengan begitu,jamur kayu mudah dibudidayakan di sembarang tempat.Jenis jamur kayu yang dapat di konsumsi adalah jamur tiram,jamur kuping,ganoderma,ling zhi dan jamur shitake.




b.Jamur kompos
Jamur kompos merupakan sebutan bagi jamur yg tumbuh di media limbah organik atau limbah sektor pertanian yg mengandung lignoselulosa,seperti jerami,limbah kapas atau ampas aren.Jenis jamur kompos yg dapat di konsumsi adalah jamur merang dan jamur kancing(champignon).

c.Jamur berkhasiat obat
Dilur jenis jamur kayu dan jamur kompos,ada juga jamur yg berkhasiat sebagai obat dan di khususkan untuk pengobatab dan tidak diolah menjadi menu konsumsi.Berikut ini beberapa namajamur yg termasuk jamur yg berkhasiat obat:

1.Maitake.
Jamur maitake atau grifola frondoza sering disebut sebagai jamur menari atau jamur awan.Jamur ini mengandung berbagai jenis vitamin,asam amino,senyawa aktif grifolan,dan asa glutamat yg dipercaya mampu menyembuhkan penyakit kanker dan memperbaiki fungsi kekebalan tubuh.

Selain itu,jamur maitake juga terbukti mampu menghambat pertumbuhan sarcoma-180 penyebab HIV dalam waktu 35 hari.Khasiat lain dari jamur maitake adalah menurunkan tekanan darah tinggi,mengurangi kadar gula darah,dan menurunkan kolesterol dalam darah.


2.Impes
Jamur ini termasuk jenis jamur perut.bentuk tuubuh  buahnyaagak bulat atau agak lonjongdengan bagian bawah yang agak mengecil,sehingga menyerupoai batang.Jenis jamur perut yg sering di manfaatkan sebagai obat adalah calvatia gigantea.Khasiatnya untuk menyembuhkanwasir,epilepsi,diabetes melitus,benjol benjol pada tubuh,menghentikan pendarahan,serta mempercepat pengeringan luka.Serbuk capitilum dan spora masakyg dihasilkan jamur ini juga dijadikan bahan pembuat salep.

3.Jamur penghasil penisilin
 Penisilin dapat dihasilkan dari jamur jenis penicelliun yg umumnya tumbuh sebagai saprifit pada bahan bahan organik.Penisilin pertama kali ditemukan oleh Alexander Flemming pada tahun 1929,Saat itu,penisilin digunakan sebagai salah satu antibiotik yg ampuh dalam menanggulangi penyakit dan menghambat sintesis dinding sel bakteri yg sedang tumbuh.Dengan bekerjanya antibiotik ini,struktuk peptidoglikan pada dinding sel akan melemah,sehinga dapat menghancurkan sel bakteri.


4.Jamur penghasil ergot
Jamur claviceps purpurea merupakan jamur yg hidup secara parasit pada bakal buah tanaman graminae,terutama secale cereale.Bakal buah tanaman akan diinfeksi oleh askospora yg kemudian akan tumbuh dan merusak bakal buah tersebut.Saat bakal buah rusak,misellium jamur akan membentuk sklerotium berwarna ungu kehitaman yg merupakan suatu alat untuk mempertahankan diri dalam lingkungan cuaca yg buruk.Sklerotium ini disebut dengan ergot atau secale cornutum yg mengandung ergotoksin,ergotamin,dan ergometrin.Kandungan itulah yg dimanfaatkan sebagai obat untuk menghentikan pendarahan.

5.Jamur penghasil khamir
Pada dasarnya semua cairan yg mengandung gula dapat membentuk khamir,yaitu perubahan gula menjadi alkohol.Jenis jamur yg banyak digunakan dalam pembentukan khamir adalahsaccharomyces cerevisiae yg digunakan pada pembentukan khamir roti dan vinegar(cuka).Sel sel khamir yg mengendap merupakan faex medicinalis yg bermanfaat dalam pembuatan pil pil vitamin B kompleks.Jamur ini bersifat uniseluler dan berkembang biak dengan tunas.

6.Cordyceps
Jamur lain yg memiliki khasiat obat adalah cordyceps sinesis,yaitu yg hidup sebagai parasit pada larva serangga atau ulat hepialida,Jamur cordyceps tumbuh di dataran tinggi Qingzhang,China.Di ketinggian 3.500m dpl.Ajaibnya,jamur ini hidup dengan cara menyerap sari pati akar dan batang tanaman kecil sebagai sumber nutrisi.Jamur ini dapat bertahan di bawah tanah tanpa menyerap bahan makanan selama 2 tahun,walaupun cuaca diluar sangat dingin dengan suplai oksigen yg sedikit.Beberapa khasiat jamur ini sbb:
-Merupakan jenis antibiotik alami berkadar tinggi yg bersifat antigenik terhadap kuman atau mikroorganisme penyebab penyakit infeksi kronis,seperti paru paru dan TBC.
-Berfungsi sebagai zat pengtur kekebalan tubuh yg alami.
-mengandung bahan alami untuk menurunkan peradangan.
-memperlebar pembuluh darah,sehingga dapat membantu meningkatkan pasokan darah ke jantung dan paru paru,serta menyeimbangkan kalsium dan fosfor.
-Menekan terjadinya penumpukan trombosit hingga 48,5%.Selain itu sebagai anti pembekuan darah dalam pembuluh jantung.
-Menekan rasa lelah,kekurangan oksigen,menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan daya tahan sel terhadap oksidasi obat obat berbahaya.
-Memperbaiki kemampuan mekanisme sel struktur ginjal dan memperlancar air seni.
-Mengatasi pegal dan lemah tungkai,memulihkan vitalitas seks,dan mengatasi ejakulasi dini.
-Dapat digunakan sebagai suplemen nutrisi untuk menyembuhkan infeksi paru pary dan TBC,serta dapat meringankan sistem pernafasan,batuk,tak bertenaga,bengek dan nafas pendek.

7.polyporus
Salah satu jamur yg berasal dari famili polyporus dan dimanfaatkan sebagai obat adalah polyporus argentatus.Biasa dikenal dengan nama jamur bromo,cendawan merah,atau kolatbrama.Ciri ciri jamur ini adalahberwarna merah darah atau jingga kotor ketika dalam kondisi kering,serta memiliki tudung yg tipis dan liat seperti kulit dengan panjang10cm dan lebar 6cm.Khasiat jamur bromo adalah untuk mengobati infeksi pencernaan,darah kotor,dan penyakit rahim.Selain itu,jamur ini juga berkhasiat mengobati demam,eksim,kusta,dan beberapa penyakit kulit.

8.Laetiporus
Laetiporus mengandung senyawa laetiporanyg bersifat antiracun dan anti bakterial.Senyawa ini diduga dapat menghambat pertumbuhan bakteri saluran pencernaan.Jamur ini juga dapat digunakan untuk mengobati sakit perut,luka bakar,TBC,asma,dan salesma.Selain itu,berkhasiat sebagai penawar racun.

9.Ling Zhi
Jamur Ling Zhi (ganoderma lucidum) umumnya sudah dikenal di berbagai negara terutama  negara negara produsen dan konsumen obat herbal,seperti Korea,China dan Jepang.
Kandungan zat yg terdapat di dalamnya seperti steroid,flavonoid,glukosa,saponin,koumarin,dan senyawa fenol dipercaya mampu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.Selain itu jamur Ling Zhi juga mengandung asam ganoderik dan ganodermin yg berfungsi menghambat pengaruh karsinogen penyebab kanker atau tumor dan mempertahankan keawetan organ organ tubuh.Selain itu jamur ini juga mengandung adenosin sebagai pencuci racun,triterpenoid untuk memulihkan sistem kerja tubuh,dan polisakarida untuk menguatkan fungsi dan kerja tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar